8 Cara Membuat Guitars atau Mengcastom Guitars yang Benar

8 Cara Membuat Guitars atau Mengcastom Guitars yang Benar

Handmade Ap guitars Jepara
Ada 8 cara harus bener-bener diperhatikan dalam memesan atau mengcustom gitars sendiri.

Disini Ap guitars Jepara memproduksi gitars sendiri atau bisa dibilang handmade guitars.
Ap gitars jepara memproduksi berbagai merk gitars sedunia.

Harga gitar original demikian mahalnya yg tidak terjangkau oleh Indonesia. Harga gitar seperti merk fender, gibson, ibanez, terlebih PRS serta Musicman demikian mahalnya. Bila telah demikian, jalan keluarnya yaitu dengan bikin gitar sendiri atau lebih di kenal dengan bikin gitar custom. 

Argumen bikin gitar custom juga bermacam, ada yang memang sungguh-sungguh mau bikin jenis gitar dengan design yang di buat sendiri, atau lantaran mau mempunyai tiruan gitar yang serupa dengan gitar aslinya karena terbatasnya cost. 

Nah, untuk bikin gitar custom ini anda baiknya memerhatikan beberapa hal di bawah ini saat sebelum anda menyesal. Mengapa mesti hati-hati serta takut menyesal? ya, lantaran kenyataannya banyak dari mereka yang sudah pesan gitar custom namun lalu kecewa dengan akhirnya. Jadi, cermati baik-baik hal di bawah ini :

1. Jenis Kayu yang digunakan gitar custom


Berhati-hatilah dengan type kayu yang dipakai, saat sebelum pesan gitar, alangkah sebaiknya anda yakinkan dahulu kayu apa yang mau anda gunakan untuk body maupun untuk necknya.

Kenapa sekian? terdapat banyak hal yang utama terkait dengan type kayu. 

Type kayu punya pengaruh pada nada serta sustain yang dihasilkan. Kayu juga punya pengaruh pada berat gitar, bila terlampau berat, jadi bakal menyusahkan anda untuk memakainya. Mengapa ini saya tekankan? lantaran saya mempunyai pengalaman pesan gitar custom yg tidak saya cermati type kayunya, hingga gitar custom yang saya pesan demikian berat, serta tenyata sustainnya juga tak panjang.

2. Teknik Pengukuran dan Precisi gitar custom

Bila anda pesan gitar tiruan dari versus asli yang anda kagumi, jadi kenali tehnik pengukuran yang dipakai oleh si Luthier yang anda yakin untuk bikin gitar anda. Ini lantaran sangat banyak Luthier yg tidak demikian mengetahui ukuran standard gitar versus asli yang anda pesan. Bila hingga salah ukur serta salam komposisi, jadi body serta ukuran gitar yang anda pesanpun mungkin saja mengecewakan. Percayailah Luthier (pembuat gitar) yang mempunyai peralatan mutakhir serta komplit serta memiliki rekomendasi yang baik, janganlah yakin yg tidak komplit serta mutakhir peralatannya.

3. Teknik dan alat Pewarnaan gitar custom

Cermati tehnik serta alat pewarnaan yang dipakai oleh si pembuat gitar. Saksikan dari contoh-contoh yang pernah dia lakukan. apakah finishing warnanya bagus, apakah dia memakai cat yang memanglah dipakai untuk pewarna body gitar, ataukah cuma memakai warna asal-asalan. Ini kerap berlangsung dikerjakan oleh pembuat gitar yg tidak terang, yang baru pemula serta tak tau apa apa perihal pewarnaan. Saya beri misalnya, gitar PRS melilik strip/kesan coretan garis garis jelas seperti pada PRS CUSTOM 24, harusnya memakai Mapple Flame yang memanglah memakai ruas kayu hingga berlangsung dampak garis-garis. Banyak pembuat gitar amatir yang malah bikin garis garis itu cuma dengan menembak dengan cat brush membuat garis. Walau sebenarnya tehnik pewarnaannya sungguh tidak sama jauh. Jadi akhirnya juga sangatlah mengecewakan. Selanjutnya yaitu untuk furnish. Yakinkan furnishnya kwalitas bagus, bila tak, furnish itu condong lengket serta gampang terkelupas.

4. Pick-Up gitar custom

Pastikan pick-up sesuai sama keperluan anda, serta automatis, anda mesti tahu serta kenal banget dengan pick-up yang anda mau gunakan untuk gitar anda. JANGAN PERNAH menyerahkan seutuhnya pada si pembuat gitar untuk memastikan pick-up apa yang perlu dipakai, karena banyak luthier yang nakal, mereka berikan anda pick-up asal asalan hingga bunyinya juga tak nyaring serta tak sensitif.

5. Jarak Antar senar
Cermati jarak antar senar, yakinkan cocok dengan jari jari anda. Serta ada satu kekeliruan yang kerap dikerjakan oleh pembuat gitar amatir, yakni jarak pada senar nomer satu dengan pinggiran neck terlampau dekat. Hal semacam ini jadikan senar gitar loncat atau ketarik hingga ketarik ke pinggiran neck serta mengenai kayu alhasil berbunyi nggembret, ini sangatlah mengganggu sekali. Jadi, harusnya pada senar nomer satu dengan pinggiran neck mesti ada jarak yang cukup hingga senar tak gampang tertarik keluar fret. Ini kerap berlangsung, jadi, cermatilah serta berhati-hatilah. Ingatkan pembuat gitar anda saat sebelum ini berlangsung. Saya pernah merasakannya, jadi berhati-hatilah.

6. Gudang / Tempat pembuatan gitar custom
Janganlah sekali-kali anda yakin pada pembuat gitar yg tidak mempunyai Gudang/tempat pembuatan gitar, itu bermakna mereka masih tetap amatir. Bila anda ingin pesan gitar custom on-line, jadi yakinkan mereka menghadirkan gitar gitar yang sudah di buat, ada video/foto tempat mereka bikin gitar itu. Saksikan profilnya di situs atau blognya. Janganlah cuma yakin pada pembuat gitar yg tidak terang hanya mengiklankan gitar custom di kaskus. Baiknya, datangi segera tempat pembuatannya, serta kerap sering-seringlah mengkontrol progress pembuatannya.

7. Fret Gitar custom
Cermati dengan benar fret gitarnya. Jangan sempat fret gitarnya dipasang terlampau menonjol lantaran bila fret gitar terlampau menonjol serta terlihat besar, malah bakal bikin tak nyaman untuk jari kita untuk menghimpit senar di setiap fretnya. Mengapa sekian, lantaran jarak fret yang terlampau tidak tipis itu bermakna makin jauh jarak senar dari permukaan neck gitar, serta itu bermakna makin berat untuk menghimpit. Anda janganlah jadi tertipu bahwa bila gitar baru itu fretnya masih tetap bagus serta masih tetap tidak tipis, itu sekalipun salah. Bila anda cermati, gitar original seperti Ibanez yang masih tetap baru, tak memakai fret yang tidak tipis, namun agak tidak tebal serta cocok, hingga jarak pada senar serta permukaan neck tak terlampau jauh serta bisa mempermudah anda menghimpit serta merasa lebih empuk. Bila tenyata gitar custom anda memakai fret yang tidak tipis tebal, jadi dapat di pastikan jari jari anda bakal merasa seperti ditusuk tusuk jarum waktu memencet senar pada fretnya. Beberapa apek buat gitar custom amatir, kerap tak memerhatikan hal semacam ini.

8. Neck Lurus
Neck sebaiknya lurus, tak sedikitpun bengkok. Jadi anda mesti mengecek gitar custom anda apakah necknya telah lurus atau belum. Bila sedikit saja bengkok, jadi yang berlangsung yaitu Fretting yakni umpamanya anda membunyikan suara pada fret ke tiga, nyatanya senar juga menyentuh pada fret ke 5 sehinga ada bunyi yang menabrak, tak dapat nyaring, hal semacam ini lantaran ada bengkokan itu. Serta bengkokan itu bakal membuahkan fretting yang lebih kronis jika di dukung dengan besi fret yang tidak tipis tebal. Nah, dengan hal tersebut anda mesti meyakinkan bahwa neck gitar custom anda ada besi didalamnya agar dapat diluruskan kembali jika satu waktu neck gitarnya sedikit bengkok. anda butuh kunci L untuk meluruskannya.

Formulir Kontak

Shipping & Returns

Kami menggunakan Jasa pengiriman barang ekspedisi yang sudah kami percaya dan berpengalaman, Lama pengiriman tergantung lokasi dan kondisi lapangan.

Proses pemesanan atau pembelian mulai kami kerjakan jika sudah mendapat DownPayment ( DP ) sebesar 50% – 60% dari total nilai barang yang anda pesan, Dalam setiap proses pembuatan kami akan senantiasa memberitahu aktifitas dalam pembuatan kami, Setelah barang selesai sebelum pengiriman para pembeli harus melakukan pelunasan terlebih dahulu. Kami senantiasa memberikan pelayanan dengan kenyamanan serta kepercayaan dan tanggung jawab.


Kami pembuat atau pengrajin furniture harap bisa bekerja sama dengan baik. Bila ada kesalahan barang tidak sesuai bisa melakukan pengembalian barang jika kesalahan dari kami, karena setiap barang yang kami kirimkan sudah melalui pengecekan terlebih dahulu sebelum barang dikirim. Terima kasih atas kepercayaan nya.